Fungsi Dolomit

Fungsi Dolomit
28/08/2020 1 Comment Artikel PT Bukit Mas Murti Persada

Fungsi Dolomit

Fungsi dolomit yang utama adalah untuk memberikan unsur hara pada tanah yang hilang atau berkurang saat proses pertumbuhan tanaman. selain itu dolomit juga berfungsi di industri material bahan bangunan

>>Contact US<<

Produk Pupuk Dolomit Merek Rubi Kemasan 50kg
Pupuk Dolomit merek Rubi

Dolomit memiliki kandungan hara Kalsium (CaO) dan Magnesium (MgO). Fungsi yang utama adalah untuk menetralkan keasaman tanah atau menaikkan pH tanah. Fungsi pupuk dolomit lainnya silahkan Baca : Fungsi CaO dan MgO. Cara penggunaan pupuk dolomit serta dosis penggunaan disesuaikan dengan pH dan kebutuhan.

PENGERTIAN DOLOMIT

Dolomit adalah suatu mineral karbonat anhidrat yang terbentuk dari kalsium magnesium karbonat, idealnya adalah CaMg(CO3)2. Istilah ini juga digunakan untuk suatu sedimen batuan karbonat yang sebagian besar terbentuk dari mineral dolomit. Sebuah nama alternatif yang kadang-kadang digunakan untuk jenis batuan dolomitik adalah dolostone.

FUNGSI DOLOMIT

  1. Dolomit digunakan sebagai batu hias, agregat beton, dan sumber magnesium oksida, seperti proses Pidgeon untuk produksi magnesium.
  2. Dolomit sendiri merupakan batuan reservoir minyak bumi penting, dan bertindak selaku batuan induk deposit bijih logam dasar Mississippi Valley-Type (MVT) seperti timbal, seng, dan tembaga.
  3. Ketika batu gamping kalsit langka atau terlalu mahal, dolomit kadang digunakan sebagai pengganti flux untuk peleburan besi dan baja. Sejumlah besar dolomit olahan digunakan dalam produksi kaca apung.

DOLOMIT DALAM HORTIKULTURA

Terdapat tiga fungsi yang diketahui dalam bidang hortikultura, yaitu:

DALAM BIDANG HORTIKULTURA

  1. Dolomit ditambahkan ke tanah dan campuran pot nirtanah sebagai dapar pH dan sebagai sumber magnesium. Rumah dan wadah berkebun adalah contoh umum penggunaan ini.
  2. Fungsi Dolomit juga digunakan sebagai substrat pada akuarium air laut (air asin) untuk membantu mendapar perubahan pH air.
  3. Dolomit yang dikalsinasi juga digunakan sebagai katalis untuk destruksi tar dalam gasifikasi biomassa pada suhu tinggi.

DALAM PENELITIAN FISIKA

  1. Dalam penelitan fisika, fungsi dolomit adalah membangun detektor partikel di bawah lapisan dolomit untuk memungkinkan detektor mendeteksi sebanyak mungkin partikel eksotis.
  2. Dolomit relatif mengandung sejumlah kecil bahan radioaktif , ia dapat mengisolasi gangguan sinar kosmik tanpa menambah tingkat radiasi latar.

FUNGSI DOLOMIT UNTUK INDUSTRI BAHAN BANGUNAN

Dolomit merupakan bahan baku penting yang digunakan industri gelas dan kaca lembaran, industri keramik dan porselen.

DAPATKAN PUPUK DAN FUNGSI DOLOMIT DISINI

PT Bukit Mas Murti Persada, adalah pabrik pupuk dolomit di Indonesia, yang berlokasi di kabupaten Lamongan, Jawa Timur, indonesia. Perusahaan kami memproduksi dan mengolah bahan baku kapur dolomit menjadi produk, yang dapat menyuburkan atau memperbaiki unsur hara yang terdapat pada tanah yaitu PUPUK DOLOMIT dengan merek RUBI.

>>Contact US<<

Tags
About The Author
Leave Comment
  1. 1

    Harga Pupuk Dolomit | PT Bukit Mas Murti Persada - Terbaru & Termurah

    […] Fungsi utamanya adalah, untuk menetralkan keasaman tanah atau menaikkan pH tanah sehingga membuat tanah kembali subur. Fungsi yang baik membuat pupuk dolomit menjadi pilihan para petani. Selengkapnya dapat anda baca disini. […]

Leave a reply