6 Cara Menyesuaikan pH Tanah

6 Cara Menyesuaikan pH Tanah
30/09/2020 No Comments Artikel PT Bukit Mas Murti Persada

Berikut ini adalah 6 cara menyesuaikan pH tanah

  1. Ambil sampel tanah
  2. Uji pH tanah.
  3. Periksa apa yang dibutuhkan tanaman Anda
  4. Buatlah tanah Anda menjadi lebih basa
  5. Buatlah tanah Anda menjadi lebih asam
  6. Uji tanah Anda tiga tahun sekali

Ambil sampel tanah

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, singkirkan lapisan tanah bagian atas hingga lapisan dengan warna dan tekstur yang konsisten, biasanya di kedalaman sekitar 5 cm dari atas. Galilah lubang sedalam 15 cm. Ambil sampel tanah beberapa kali di seluruh halaman atau ladang secara acak, sehingga dapat mewakili kondisi seluruh kebun.

Uji pH tanah

Sampel tanah ini dapat dikirim ke kantor dinas pertanian atau laboratorium pengujian tanah setempat, dan mungkin Anda harus mengeluarkan biaya untuk menguji pH atau keasaman tanah. Akan tetapi, Anda juga bisa membeli alat penguji pH di toko pertanian atau penjual bibit, sehingga dapat dengan mudah digunakan di rumah.

Kirimkan sampel pada penguji tanah profesional

  • Jika Anda petani, sebaiknya sampel tanah dikirimkan ke penguji tanah profesional, untuk mengetahui berapa banyak bahan tambahan yang diperlukan. Jika Anda hanya seorang pekebun rumahan, gunakan saja alat penguji yang lebih cepat dan murah, kemudian cobalah memberikan bahan tambahan dalam jumlah yang berbeda-beda untuk melihat pengaruhnya.

Periksa apa yang dibutuhkan tanaman Anda

Banyak tanaman yang lebih suka dengan tanah yang sedikit asam. Jika tidak ada informasi lainnya, usahakan agar pH tanah 6,5. Namun, sebaiknya Anda juga mencari tahu pH yang sesuai dengan tanaman melalui internet, atau berkonsultasi dengan pekebun yang sudah berpengalaman.

  • Bila Anda tidak tahu berapa pH yang dibutuhkan oleh tanaman, asumsikan bahwa “tanah asam” dengan pH 6,0 hingga 6,5, sedangkan “tanah basa” berarti memiliki pH 7,5 hingga 8.

Buatlah tanah Anda menjadi lebih basa

Bila pH tanah terlalu rendah untuk tanaman, tingkatkan pH tanah dengan menambahkan basa. Pergilah ke toko pertanian untuk membeli kapur kebun, cangkang tiram yang dihaluskan, atau bahan tambahan kalsium yang lain, atau hancurkan kulit telur dan haluskan hingga menjadi bubuk. Campurkan bahan tambahan tersebut ke dalam tanah sebanyak satu genggam dalam satu waktu, dan ujilah pH tanah setiap kali Anda memberi tambahan ini.

Buatlah tanah Anda menjadi lebih asam

Bila ingin menurunkan kadar pH tanah, Anda membutuhkan tambahan asam. Belilah aluminium sulfat atau belerang di toko pertanian dan campurkan ke dalam tanah. Kemudian uji kembali kadar pH tanah setelah setiap kali Anda menambahkan satu genggam bahan tambahan.

  • Tidak ada cara rumahan yang konsisten untuk menaikkan kadar pH tanah. Pengujian ilmiah menunjukkan bahwa dedaunan pinus dan ampas kopi tidak menimbulkan efek yang nyata dan signifikan terhadap keasaman tanah, walaupun banyak orang yang berpendapat sebaliknya.

Uji tanah Anda tiga tahun sekali

Lama-kelamaan pH tanah secara bertahap akan kembali ke kadar biasanya. Hal ini sebagian besar dipengaruhi oleh jenis mineral yang ada di daerah Anda. Pengujian tanah setiap tiga tahun sekali sudah cukup bagus, kecuali pH tanah Anda sulit disesuaikan atau tanaman Anda mengalami masalah pertumbuhan.

sumber wikihow

Tags
About The Author

Leave a reply